EVIDENCE BASED MEDICINE (5)

Mei 12, 2009 at 12:37 am Tinggalkan komentar

Penerapan EBM di Pusat pelayanan Kesehatan
Untuk dapat menerapkan pola pengambilan keputusan klinik yang berbasis pada bukti ilmiah terpercaya diperlukan upaya-upaya yang sistematik, terencana, dan melibatkan seluruh klinisi di bidang masing-masing. Pelatihan Evidence-based medicine perlu didukung dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang memadai. Pada saat ini informasi-informasi ilmiah dapat diperoleh secara mudah dari journal-journal biomedik melalui internet. Oleh sebab itu sudah selayaknya setiap rumah-sakit melengkapi diri dengan fasilitas-fasilitas untuk searching dan browsing yang dapat diakses secara mudah oleh para klinisi.
Pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas masalah-masalah klinik hendaknya difasilitasi dengan sumber-sumber informasi yang memadai. Untuk ini diperlukan staf pendukung yang mampu secara kontinvu men-down load full text paper dari berbagai journal biomedik. Informasi-informasi yang ada kemudian dapat digunakan untuk mem-back-up keputusan-keputusan klinik agar dapat berbasis pada bukti ilmiah yang terpercaya.
Sudah saatnya pula dilakukan sosialisasi secara sistematik kepada seluruh jajaran pelayanan kesehatan untuk memanfaatkan hasil-hasil studi biomedik dalam pengambilan keputusan klinik. Pusat-pusat pelayanan kesehatan dapat bekerjasama dengan pusat-pusat pendidikan tinggi, khususnya Fakultas-fakultas kedokteran dalam memverifikasi dan menetapkan hasil-hasil penelitian yang valid yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan klinik.

Entry filed under: Blok I. Tags: , , , , , .

Tugas Blok I Sukses Dipresentasikan Tim HMT EVIDENCE BASED MEDICINE (4)

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Mei 2009
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Komentar Terbaru

iie pada Evidence Based Medicine (…
Arief gerung pada Tugas Blok I Sukses Dipresenta…
arief gerung pada Cerita Gambar HMT
arief gerung pada Kesan-Kesan Peserta
rusmayadisumbawa pada Hari V

Blog Stats

  • 18.352 hits

Klik tertinggi

  • Tidak ada